Welcome Myspace Comments

Minggu, 11 November 2012

Interaksi Dengan Dunia Internasional

   Kita manusia sebagai makhluk sosial dan serba terbatas, manusia tidak bisa hidup sendiri. kita saling membutuhkan satu sama lain untuk saling melengkapi segala kekurangan yang ada pada diri kita. Itulah sebabnya manusia melakukan pertukaran dan spesialisasi. Dalam konteks internasional (global), sikap saling membutuhkan tersebut diekspresikan dalam bentuk hubungan antarnegara. dari sudut pandang ilmu ekonomi,  motivasi hubungan antarnegara dianggap sebagai proses alokasi sumber daya ekonomi antar negara dalam rangka meningkatkan derajat (utilitas) hidup bersama. Setiap negara yang melakukan kerja sama internasional terkadang ingin mengharapkan hasil yang lebih baik dibanding jika hidup sendirian. 

   Pedagangan internasional pun terjadi, ekspor dan import, banyak barang barang dari luar negeri masuk ke negara kita, membuat banyak pilihan dan berbagai kualitas yang bagus ditawarkan di Indonesia. Terkadang seseorang membeli barang barang tersebut dengan menggelontorkan biaya yang tidak murah. ya mungkin dikarenakan karena barang atau benda yang mereka beli dari luar negeri itu memiliki kualitas dan dapat membuat meningkatnya derajat sosial mereka. Ya mungkin tidak bisa di pungkiri lagi barang barang dari luarn negeri mungkin dapat meningkatkan kelas sosial kita, dan mungkin memang barang tersebut memiliki kemenarikan tertentu dan kualitas yang bagus.

   Tapi itu membuat produk atau barang barang buatan bangsa sendiri jadi sedikit terlupakan, sebenarnya produk lokal milik kita juga tidak kalah bagus dan tidak kalah kualitasnya dengan produk produk luar negeri,     terkadang orang hanya ingin meningkatkan gengsi mereka dengan membeli produk luar, namun karena itu juga produk lokal jadi sedikit terlupakan. 

Mungkin adanya interaksi dengan dunia internasional maupun perdagangan internasional memang perlu untuk dilakukan, namun jangan sampai produk, barang, benda buatan lokal terlupakan juga, ketenaran produk dan terkenalnya suatu produk lokal itu karena produk tersebut dipakai dan diperkenalkan kedunia lewat masyarakat Indonesia itu sendiri sehingga dapat membuat nilai kualitas dari sebuah brang akan meningkat pula. Awal yang baik adalah Cintailah Produk buatan bangsa sendiri, dengan itu kita bisa memperkenalkan dunia bahwa barang-barang dari negara kita tidak kalah dengan barang bermerek dari luar negeri. 
ya mungkin cuma itu yang bisa saya tuliskan, kurang dean selebihnya mohon maaf yaaa hehehe .... :D

~BYE~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo di komentarin ....

Diberdayakan oleh Blogger.